Standar‎ > ‎

Standar penggunaan git

posted Oct 4, 2016, 2:15 AM by Rolly Awangga   [ updated Mar 25, 2018, 8:12 PM ]
Tahap PERMULAAN :
  1. Buka github.com dan mendaftar dengan email anda, kemudian install git scm
  2. Untuk pengguna windows anda diwajibkan melakukan instalasi git-scm yang diunduh dari situsnya.
  3. https://git-scm.com/download/win
  4. Setelah instalasi selesai anda melakukan generate key dari git bash dan memasukkannya ke profile github.com(lihat video nomor 1 di bawah).
  5. Config git anda agar data nama dan email di samakan dengan data di github dengan perintah langkah 6 dan 7
  6. untuk set nama : git config –global user.name “Firstname Lastname”
  7. untuk set email : git config –global user.email “[email protected]
  8. cek kembali semua configurasi dengan mengunakan perintah : git config -l
Tahap PEMBUATAN:
Repositori bisa dibuat dari awal atau fork dari repo yang sudah ada.
Untuk Repository baru(di video 2) :
  1. klik tanda + pilih new repository
  2. pilih organisasi dan input nama, deskripsi
  3. initiaze README.md yang berisi penjelasan aplikasi tersebut, fungsinya, dan penjelasan cara instalasi serta rujukan library yang anda pakai di aplikasi anda(README.md wajib menggunakan dua bahasa, bahasa inggris dan bahasa indonesia). Gunakan format markdown untuk membuat README.md anda bisa menggunakan markdown editor online untuk mempermudah pembuatan.
  4. add .gitignore pilih jenis kode yang anda buat,wajib di isi dengan license open source yang ingin anda gunakan dan 
Untuk Repository fork :
Klik Fork dan pilih repository organisasi anda

Tahap PERBUATAN:
Tahapan ini bisa dilihat di video 3. 
Untuk memulai pengerjaan mengkode dengan git maka Cara penggunaannya :
  1. Buatlah direktori kerja anda untuk mengkode, setelah itu klik kanan "git bash here" akan mencul terminal git.
  2. ketik "git init" untuk menginisiasi repo baru 
  3. ambil url remote dari repository yang dibuat. Login terlebih dahulu ke github, url remote didapatkan di halaman repositori kita bagian clone or download pilih clone with ssh lalu salin yang ada di textbox. contoh url : [email protected]:awangga/nopanel.git
  4. masukkan remote repository ke direktori kerja kita dengan perintah : git remote add origin [email protected]:awangga/nopanel.git
  5. download terlebih dahulu yang sudah ada di repo dengan perintah: git pull origin master
  6. silahkan mulai mengkode, setiap ada perubahan kode yang kita inginkan misal menambahkan textbox, maka yang pertama add dahulu kemudian commit. contoh : git add filenya.php dan kemudian git commit -m "menambahkan textbox" . Komentar harus berarti mengacu pada kode yang diubah bukan asal isi atau anda akan susah mentrace keberadaan anda.
  7. Lakukan berulang langkah 6 untuk setiap perubahan per file apapun, untuk melihat status langkah 6 ketik git status jika tidak ada keluar deretan nama file maka anda bisa lanjut ke langkah delapan, jika muncul deretan nama file merah berarti file tersebut belum di git add, jika muncul deretan warna hijau berarti file tersebut belum dilakukan commit.
  8. Setelah selesai memastikan status pada langkah 7 anda mengunggahnya ke repo github dengan perintah : git push origin master
  9. Lakukan berulang langkah 5-8 setiap anda melakukan pengkodean. Apabila muncur pesan tidak bisa di push karena behind repo maka lakukan langkah nomor 5 terlebih dahulu baru langkah ke 8.Performansi anda akan terlihat di menu insight -> contributors dengan klik jumlah commit di bawah username.
Tahap PENCARIAN:
  1. Apabila laptop anda hilang. maka anda tinggal mengulangi langkah 4 Tahap PERMULAAN, yang dilanjutkan dengan langkah pada tahap PERBUATAN dan pekerjaan anda tidak ada yang hilang dan masih bisa diteruskan.
  2. Anda bisa menggunakan branch yang berbeda(dalam repo yang sama) jika mengembangkan versi yang berbeda atau ada keraguan dalam pengembangan. Untuk mengetahui anda berada pada posisi aktif di branch mana maka ketik perintah git branch pada git bash. Untuk pindah branch maka anda ketik perintah git chekcout namaBranch pada git bash. Untuk menggabungkan isi dari branch lain ke branch yang aktif posisi sekarang ketik git merge BranchLain pada git bash dilanjut dengan langkah 9 tahap PERBUATAN.
  3. Jika anda tidak bisa pull request kemungkinan anda salah memasukkan url github atau anda mengerjakan pada branch yang berbeda cek pada langkah ke-2.
  4. Apabila masih terjadi kesalahan / error,cek konfigurasi pada folder tersebut dengan langkah 8 tahap PERMULAAN.
Tahap PENGATURAN:
  1. Rename repo origin dengan nama lain, agar bisa add repo origin baru 
    • git remote rename origin NamaLain
    • git remote add origin [email protected]:GroupRepo/repo.git
    • lanjut langkah 9 tahap PERBUATAN
  2. Tambah repo baru untuk di gabungkan
    • git remote add mainrepo [email protected]:GroupRepo/repo.git
    • git pull mainrepo master
    • lanjut langkah 9 tahap PERBUATAN
  3. Hapus link url repo git yang sudah terlanjur di add dan melakukan add url repo yang benar
    • git remote remove origin
    • git remote add origin [email protected]:GroupRepo/repo.git
    • lanjut langkah 9 tahap PERBUATAN
Tahap PERTIKAIAN
Pertikaian akan terjadi jika kita mengerjakan repo fork atau repo team. 
  1. Terjadinya pertikaian atau konflik di repo team ini dikarenakan yang mengerjakan kode tidak melakukan langkah 5 tahap PERBUATAN sebelum melanjutkan pekerjaan barunya. Cara penyelesaian konflik sama dengan cara 4, yang membedakan adalah dua tanda konfliknya yaitu HEAD dan nomor commit konfliknya  (<<<<<<< HEAD =======>>>>>>> 120398095842nij3iu4n).
  2. JIka repository merupakan repo fork.Jika melakukan Pull Request ke repo base nya, konflik akan terjadi jika tidak melakukan sinkronisasi dari repo base yang di fork, sebelum melakukan pekerjaan penambahan kode atau file baru. tambah url repo base dengan nama upstream(dilakukan sekali saja mode https bukan ssh) :
    • git remote add upstream https://github.com/BukuInformatika/WebService.git
  3. Lakukan fetch dan pull upstream sebelum memulai pekerjaan.
    • git fetch upstream
    • git pull upstream master
  4. Jika sudah terlanjur konflik, maka pada saat sudah pull request klik tombol Resolve Conflicts. Dan edit langsung beberapa file yang konfik untuk memilih versi1 (yang terletak antara tanda <<<<<<< master dan =======) atau ke dua  (yang terletak antara tanda ======= dan >>>>>>> master). Pastikan jika anda sudah memilih atau menggabungkan dua versi tersebut. Jangan lupa hapus tiga tanda konfliknya (<<<<<<< master ,=======,>>>>>>> master). kemudian tombol Mark as Resolved akan bisa di klik.Video nomor 4 menjelaskan tentang proses ini.
  5. Langkah ke-4 biasanya butuh dua atau tiga kali pengulangan pekerjaan, sehingga mohon diingat tadi apa saja yang sudah di pilih versinya.
  6. Setelah Pull Request diterima oleh repo base setelah resolve conflict, maka lakukan langkah 3 untuk mengamankan posisi dari konflik sebelum memulai kerja kembali.

Penting :
Git ini merupakan alat kontrol pengembangan aplikasi, ingat!!! dipakai sejak awal mulai mengkode bukan mengunggahnya pada saat terakhir karena ini merupakan SCM(Source Code Management)/ Manajemen Kode Sumber.
Apabila aplikasi anda tidak dibuka publik atau opensource bisa diganti dengan bitbucket.com atau gitlab.com

Tutorial Video :
1. Melakukan add key ssh 

Add SSH Key


2. Membuat repository

Membuat Repositori



3. Add Repository dan akses pull push repository github

Menggunakan Git Bash


4. Resolve Conflicts

Resolve Conflicts




Comments